Inovasi Menggayung Layanan Kemenag Bintan Digelar di Gunung Kijang
Inovasi Menggayung Layanan Kemenag Bintan Digelar di Gunung Kijang
Kemenag Bintan (Humas) – Inovasi layanan Menggayung Layanan Kantor Kementerian Agama Kabupaten Bintan pekan ini digelar di Kantor Urusan Agama (KUA) Kecamatan Gunung Kijang, Rabu, 21 Mei 2025.
Hadir dalam kegiatan tersebut Kepala Kemenag Bintan, Ketua Baznas Bintan, Camat Gunung Kijang, Kepala KUA Gunung Kijang, RT, RW, tokoh masyarakat dan penerima layanan.
Dalam sambutannya, Kepala Kantor Kemenag Bintan, H. Abu Sufyan mengungkapkan Menggayung Layanan melengkapi inovasi layanan dalam wadah Keris Melayu Tempayan Mas yang telah diresmikan lebih dulu pada awal tahun lalu.
Abu Sufyan menjelaskan Menggayung Layanan selain untuk memparipurnakan layanan juga untuk meningkatkan kualitas layanan keagamaan di Bintan. Menggayung Layanan Kemenag Bintan mengusung tagline layanan Keris Melayu dalam wadah pelayanan Tempayan Mas. Filosofis Keris Melayu, kata Abu Sufyan memiliki makna yang dalam selain merupakan akronim dari Kualitas, Efektif, Ramah, Inklusif, dan Solutif Melayani Umat.
Saat ini, kata Abu Sufyan Tempayan Mas sebagai episentrum layanan dapat dinikmati oleh masyarakat dalam bentuk layanan langsung secara offline di kantor maupun secara online dan saat ini ditambah dengan inovasi Menggayung Layanan.
Menggayung Layanan menurutnya sudah dijadwalkan selama satu tahun di seluruh wilayah di Bintan. Dengan harapan seluruh masyarakat Bintan mendapatkan sentuhan layanan dengan kualitas yang sama.
“Beberapa inonasi layanan sudah kami lahirkan mulai dari PTSP online, Keris Melayu Tempayan Mas, Gerakan Masyarakat Maghrib Mengaji dan saat ini kita lahirkan inovasi Menggayung Layanan Kemenag Bintan,” ujar Abu Sufyan.
Dalam kesempatan yang sama, Kasi Kessos Kecamatan Gunung Kijang Angrad Vritisky mengatakan pihaknya menyambut baik program layanan yang diterbitkan Kemenag Bintan. Menurutnya inovasi yang dilahirkan semakin memudahkan masyarakat Gunung Kijang dalam mendapatkan layanan keagamaan.
Senada, salah satu penerima layanan, Raja Asnawi menilai Kemenag Bintan merupakan mitra strategis dalam pembangunan umat beragama di Bintan. Dia mengatakan intensitas kolaborasi perlu ditingkatkan di masa mendatang.
“Kami menyambut baik inovasi layanan yang dilahirkan Kemenag Bintan di bawah kepemimpinan Bapak H. Abu Sufyan, semoga dapat terus konsisten melayani umat,” ujarnya.
Dia mengatakan pihaknya sangat terbantu dengan hadirnya Menggayung Layanan di wilayahnya. Dengan demikian layanan semakin terjangkau karena semakin dekat. Dia berharap layanan semakin ditingkatkan.
Kolaborasi program distribusi zakat juga dilakukan dalam kegiatan tersebut yang merupakan program Baznas Bintan. Ketua Baznas Bintan, H. Suryono mengatakan dalam kesempatan tersebut diserahkan 60 paket sembako kepada masyarakat Gunung Kijang.
Hatiman.